[]
 
Instiution and Science Unite
Mengatasi Kendala Dalam Public Speaking

Sabtu, 01 April 2017 20:38 WIB

Berbagai kendala/hambatan dalam public speaking sudah di paparkan dalam article sebelumnya. Nah, berikut adalah cara mengatasi kendala/hambatan dalam public speaking.

Cara Mengatasi Gugup Dalam Publik Speaking

 

1. Tarik Napas / Pelatihan Pernapasan

Untuk jangka  pendek saat anda ada dipodium, Tarik napas dalam dalam, dan lemaskan otot-otot.relaksasi.

 

2, Jeda

jika gugup muncul di tengah- tengah pembicaraan, maka jeda (pause) sejenak, lambatkan bicara anda, tarik nafas, senyum, dan tatap hadirin yang paling akrab dengan anda.

 

3. Kuasai Materi

Pelajari, pahami, kuasai, dan dalami topic pembicaraan sebaik mungkin. Lakukan riset data jika perlu sehingga anda merasa tidak ada yang terlewat seputar topic pembicaraan. Jika anda menguasai sebuah topic, misalanya tentang diri anda dan keluarga, maka anda kan lancer dalam public speaking. Menguasai materi juga merupakan cara terbaik membangun rasa percaya diri (andalah yang paling tahu dan paling siap menyampaikan topic pembicaraan, karena anada telah banyak belajar, sedangkan hadirin tidak)

 

4, Persiapan: Latihan

Selain mempelajari materi, persiapan juga dilakukan dengan cara berlatih. Latihan akan menambah jam terbang, melancarkan penyampaian. Luangkan waktu untuk latihan di depan cermin, di depan teman anda, atau bahkan di depan kucing atau burung peliharaan anda.

 

5. Relaksi Tubuh

Relax your body ! sempatkan diri untuk melakukan relaksasi. Misalnya di toilet. Lakukan olah napas danstretching(peregangan) otot tangan, kaki, punggung dan bahu untuk mengurangi tensi dalam tubuh anda.

 

6. Relaksi suara

Relax your Voice. Latih pengucapan vocal anda dengan mengucapakan vokal A-I-U-E-O dengan bulat, cukup keras, mulut terbuka (sesuai dengan huruf yang di ucapkan). Lakukan lagi sesaat sebelum tampil berupa “Senam Mulut” mengucapkan A-I-U-E-O tanpa suara (tutupi mulut/wajah anda dengan telapak tangan atau kertas jika tidak ingin dilihat orang di samping kanan kiri anda).  

 

7. Tertawa

Beruntunglah anda jika ada hal lucu sebelum anlda tampil. Misalnya ada joke dari Mc maka tertawalah lepas sekalian lepaskan ketegangan! Laugh as much as you can ! tertawa akan membunuh gugup sempatkan nonton stand up comedy atau film lucu sebelum berangkat ke lokasi.

 

8. Smile

Keep smile! Sebelum,saat, dan selama anda berbicara usahakan full smile, kecuali ketika mengatakan hal sedih. Senyum bukan saja merupakan kontak mata terbaik untuk menjalin hubungan baik dengan hadirin tapi juga terapi terhebat untuk membuat anda rileks, nyaman, dan lepas.

 

9 . Know The Room

Kenali tempat anda berbicara. Datangi lebih awal, pandang seluruh ruangan dan akrabi ruangan tersebut sehingga anda merasa berada di kamar sendiri.

 

10.  Ubah persepsi.

Meski di antara hadirin banyak yang lebih ahli dari anda, ingatlah … ! mereka datang tanpa persiapan untuk berbicara. Andalah yang paling siap, andalah yang semalam melakukan persiapan dan pendalaman materi. Jadi andalah yang paling pintar saat ini.

 

Cara Mengatasi Rasa Takut dan Tidak Percaya Diri

Perasaan khawatir atau takut adalah hal yang lumrah, yang sebaiknya dihindari adalah rasa takut yang berlebihan. Jadi dalam public speaking, kita sebaiknya dapat mengendalikan rasa takut dan justru menjadikan rasa takut tersebut sebagai daya dorong (energi positif) yang diperlukan dalam persiapan berbicara dan saat tampil berbicara nantinya.

Dengan membiarkan sedikit “rasa khawatir atau rasa takut” untuk tetap tinggal dalam diri kita, niscaya kualitas bicara kita akan bertambah baik karena dengan demikian kita masih menyisakan ruang bagi ‘tekanan’ dari pihak luar kepada kita. Kekhawatiran itu bisa kita manfaatkan sebetulnya menjadi alat kontrol bagi diri kita. Kontrol sehubungan dengan apakah kita telah melakukan persiapan matang. “kekhawatiran” juga bernilai positif karena ia mampu berfungsi sebagai penekan ego dan kesombongan diri.

Saat rasa takut menyergap, kita tidak perlu kemudian menjadi takut berlebihan. Kita juga tidak perlu mengekspresikan rasa takut tersebut kepada semua orang, apalagi menceritakannya. Kita tidak akan mendapatkan simpati dari siapapun atas ketakutan yang kita alami. Bahkan ketakutan kita akan menjadi ketidaknyamanan bagi orang lain yang mendengarkan dan memperhatikan kita saat tampil sebagai pembicara.  

Oleh: PW Astuti

 




Related Article


Mengatasi Tantrum (Ledakan Emosi) Pada Anak
Saat masih bayi, manusia menangis untuk mengkomunikasikan keinginannya. Semakin keingannya tidak terpenuhi, semakin menangis Ia. Bahkan sampai menjerit histeris yang membuat orang tua semakin kebingun ...



Mengatasi Fikiran Yang Terlalu Sibuk
Seringkali, saya ketemu orang yang galau, stress, mumet, bukan karena kondisi keuangan yang buruk. Bukan karena pasangan yang tidak setia. Bukan karena tuntutan pekerjaan yang gila2an. Bukan karena ke ...



Mengatasi Pengalihan Fokus
Pernahkah Anda mengunci pintu lalu setelah melangkah beberapa detik, lupa dan ragu apakah pintu sudah dikunci atau belum..Pernahkah Anda berkenalan dengan seseorang, baru 3 detik sudah lupa namanya..P ...



Sang Naga Dalam Mimpi Raja
Sang raja dari negeri antah barantah bermimpi kerajaannya diserang naga. Karena ketakutan, Iapun terbangun dari tidurnya seraya berguman “Untung..cuman mimpi”. Namun Sang Raja masih menyim ...



Belajar Publilc Speaking Dari Ustadz Abdul Shomad
Baru2 ini, ada seorang da’i yang sangat digemari bernama Ustadz Abdul Shomad (UAS). Ceramah2nya sering dibagikan di facebook, WA, dll.. Tentunya ada banyak kelebihan UAS sehingga menjadikan beli ...



What are the latest products

Pelatihan Hipnotis Solo 17 Desember 2017 (GARANSI BISA)
Jika ada Pelatihan Hipnotis & Hipnoterapi yang ...


Pelatihan Hipnotis-Hipnoterapi Bandung (GARANSI BISA)
Jika ada Pelatihan Hipnotis & Hipnoterapi yang ...


Pelatihan Hipnotis Jogja 31 Desember 2017 (GARANSI BISA)
Jika ada Pelatihan Hipnotis & Hipnoterapi yang ...


Pelatihan Hipnotis Bekasi 30 September 2017 (Garansi Bisa)
Ingin Tahu Rahasia Hipnotis Hiburan Seperti Ditaya ...


Pelatihan Hypnotic Public Speaking Solo (23 September 2017)
Apakah Anda Mengalami Ini Ketika Berbicara Di Depa ...




 
 







Design by ztrongmind.net@2011. All rights reserved.
Powered by Jogloweb.com