[]
 
Instiution and Science Unite
Manfaat Menangis Yag Tidak Disangka - Sangka

Sabtu, 04 November 2017 19:44 WIB

Setiap manusia punya yang namanya perasaan, baik itu senang atau sedih. Ketika senang, seseorang akan banyak tersenyum dan tertawa. Apabila seseorang merasa sedih, maka orang tersebut akan memasang wajah sedih atau bisa juga menangis. Berbicara soal menangis, ada sejumlah manfaat yang bisa orang dapatkan ketika meneteskan air mata.

 

10. Mengurangi Kegelisahan

 Ada banyak alasan seseorang untuk gelisah yang tidak akan pernah kita tahu apa alasannya. Yang pasti adalah, ketika seseorang sedang gelisah, akan muncul kecenderungan seseorang untuk menangis. Tidak hanya wanita, pria juga bisa gelisah dan menangis. Bagi kalian yang pria tidak perlu malu untuk menangis.

Menangis bukanlah hal yang memalukan. Dengan menangis, bisa membantu seseorang untuk sedikit mengurangi kegelisahan. Dengan menangis, banyak emosi akan keluar, emosi yang dapat membuat seseorang gelisah. Tentu dengan keluarnya semua emosi tersebut, perasaan bisa menjadi sedikit lebih lega.

 

9. Membantu Pulih Dari Kesedihan

 Ketika ada kerabat, teman atau keluarga yang meninggal dunia, tentunya orang yang ditinggalkan akan merasa sangat sedih. Tak jarang orang yang ditinggalkan oleh seseorang yang penting meneteskan air matanya. Lalu, dimanakah letak manfaat dari menangis ketika seseorang sedang berkabung?

Ditinggal pergi oleh seseorang yang berharga di hidup kita memang menyedihkan. Dengan menangis, rasa sedih, berkabung, bersalah, dan marah bisa berkurang. Dengan menangis bisa membantu kita untuk menguras habis level stres dan membuat perasaan kita menjadi lebih baik setelahnya.

 

8. Menarik Dukungan

 Ketika di sekolah, kita diajarkan bahwa manusia adalah makhluk sosial. Masih ingatkah kalian apa itu makhluk sosial? Manusia sebagai makhluk sosial artinya manusia tidak bisa bertahan hidup tanpa bantuan orang lain. Karena itulah penting yang namanya bersosialisasi dengan orang lain. Dengan menangis, kita juga bisa sekaligus bersosialisasi.

Manusia butuh orang lain untuk hidup. Karenanya, di awal-awal peradaban, manusia membentuk kelompok untuk bertahan hidup. Sekarang gini saja, ketika seseorang menangis, pasti akan ada beberapa orang yang tersentuh dan tidak tega melihat ada orang yang menangis. Meski tidak mengerti alasan kenapa orang tersebut menangis, kita secara otomatis berniat untuk memberikan dukungan dan simpati pada orang tersebut.

 

7. Mengembalikan Keseimbangan Emosi

 Menangis itu adalah hal yang bagus. Kita sebagai manusia harusnya tidak malu bila suatu saat kita menangis. Menangis dapat memberikan banyak manfaat positif, selain bisa mengurangi rasa sakit dan kegelisahan, ternyata dengan menangus bisa mengembalikan keseimbangan emosi dari seseorang.

Ketika seseorang menangis, termasuk kita, ada satu momen dimana kita perlu menenangkan diri. Caranya adalah dengan menghirup udara segar, menghirup udara segar bisa menurunkan temperatur dari otak. Dengan temperatur yang lebih dingin, kita jadi bisa melihat suatu hal dengan lebih jernih.

 

6. Menurunkan Tekanan Darah

 Bila tekanan darah seseorang melebihi batas tertentu, maka dikatakan orang tersebut memiliki masalah dengan darah tinggi. Ada banyak sebab kenapa tekanan darah bisa meninggi. Salah satunya bisa karena menyimpan emosi di dalam hati. Tentunya ini akan membahayakan kesehatan bila terus disimpan.

Perlu kalian ketahui, tekanan darah yang tinggi tersebut bisa diturunkan dengan cara menangis. Selain bisa menurunkan tekanan darah, menangis juga bisa menurunkan detak nadi yang meninggi karena emosi dan stres yang tersimpan di dalam diri seseorang. Hormon stres bisa memicu meningkatnya detak jantung, memperbesar pupil, dan menggangu pembuluh darah arteri.

 

5. Sehat

 Sadar atau tidak, menangis adalah suatu tanda yang bagus. Menangis berarti membuktikan bahwa seseorang itu sehat, khususnya bayi. Mungkin kalian bertanya-tanya kenapa bayi yang dijadikan contoh. Ketika bayi lahir, pihak dokter sangat berharap agar bayi bisa langsung menangis. Tahu kenapa alasannya?

Ketika bayi keluar dari rahim ibu, salah satu hal yang menjadi penentu apakah bayi tersebut sehat atau tidak adalah dengan menangis atau tidaknya sang bayi. Dengan menangis, ini membuktikan bahwa paru-paru bayi bekerja dengan baik. Apalagi jika tangisan bayi sangat keras, itulah yang akan membuat dokter semakin senang.

 

4. Menenangkan Diri

 Bukan hanya sedih yang bisa membuat seseorang menangis, bahkan ketika merasa sangat bahagia, marah atau stres, seseorang juga bisa menitikkan air mata. Tidak perlu takut dan tidak perlu malu. Jika memang harus menangis, menangislah, tidak perlu ditahan. Banyak peneliti yang beranggapan bahwa menangis sangat bermanfaat.

Mereka, para peneliti, percaya bahwa menangis memiliki manfaat positif yaitu bisa mengembalikan kondisi emosi ke semula. Salah satu mekanisme tubuh untuk beradaptasi menghadapi emosi atau perasaan yang kuat adalah dengan menangis. Jadi, daripada menahan diri untuk menangis, lebih baik biarkan dan lepaskan saja semua perasaan tersebut melalui air mata.

 

3. Mengurangi Rasa Sakit

 Kita semua pastinya pernah merasakan rasa sakit. Rasa sakit yang disebabkan karena ada luka pada tubuh atau karena ada seseorang yang menyakiti hati kita. Dan ketika kalian melihat ada orang dewasa yang menangis, kalian tidak bisa menghakimi orang tersebut karena lemah atau kekanak-kanakan.

Orang menangis pasti ada alasan, ok, pria maupun wanita, anak-anak maupun dewasa. Ketika seseorang menangis, salah satu manfaat yang pasti bisa dirasakan adalah berkurangnya rasa sakit. Menangis dalam jangka waktu lama bisa melepaskan hormon oksitoksin dan endogenous opioids. dengan kata lain endorphin. Endorphin inilah yang bisa membantu tubuh untung mengurangi rasa sakit.

 

2. Detoksifikasi Tubuh

 Mungkin manfaat ini adalah manfaat yang benar-benar tidak masuk di akal. Menangis ternyata dapat dibagi menjadi 3 tipe. Pertama, tangisan refleks, kedua adalah tangisan yang berkelanjutan, dan ketiga adalah tangisan emosional. Yang menjadi pertanyaan lanjutan, apa manfaat dari ketiga jenis tangisan tersebut?

Tangisan refleks bermanfaat untuk membersihkan mata dari asap dan debu. Tangisan berkelanjutan bermanfaat untuk membuat mata tetap basah dan melindungi dari infeksinya. Tangisan emosional dapat memberikan banyak manfaat. Tangisan yang berkelanjutan mengandung 98% air, sedangkan tangisan emosional mengandung hormon stres dan racun. Para peneliti berkesimpulan bahwa dengan menangis dapat membersihkan racun yang ada pada tubuh.

 

1. Menandakan Bahwa Ia Manusia

 Kenyataan bahwa manusia bisa menangis adalah hal yang bagus. Kenapa? Itu karena dengan menangis membuktikan bahwa kita adalah manusia biasa yang memiliki perasaan. Jika senang kita tertawa, jika sedih kita menangis. Apabila seseorang tidak memiliki perasaan dan ekspresi, akan muncul keraguan apakah orang tersebut sehat atau tidak.

Manusia perlu mengetahui berbagai macam emosi untuk tahu bagaimana cara mengekspresikannya. Manusia adalah makhluk yang memiliki emosi. Marah, sedih, dan lain-lain adalah contoh dari emosi. Tidak perlu ragu tertawa apabila memang merasa senang. Tidak perlu juga menahan tangis apabila sedang bersedih. Menangis bukan menandakan seseorang lemah, melainkan menandakan bahwa kita adalah manusia sehat, normal, yang memiliki emosi.

Sumber: Tahupedia.com




Related Article


Bahaya Emosi Positif Dan Manfaat Emosi Negatif (1)
Dalam sebuah seminar yang saya isi, ketika menyammpaikan hal ini, banyak audiens tertarik untuk lebih jauh memahami. Karena saya nilai bermanfaat, saya share aja disini.   Singkatnya, emosi serin ...



bahaya Emosi Negatif Dan Manfaat Emosi Negatif (Bagian 2 - Habis)
    Jika emosi positif yang berlebihan bersifat merusak, sebaliknya.. Emosi negatif dalam kadar yang pas justru bermanfaat. Betapa banyak kasus dimana:   Orang yang sedih karena mengala ...



Hal - Hal Dari Pria Yang Tidak Disukai Wanita
Kita tahu bahwa wanita adalah makhluk yang cukup jeli dan sensitif, ada banyak hal yang dari pria ternyata tidak disukai oleh wanita. Setelah membaca ini, mudah-mudahan kalian para pria sedikit mengur ...



Biaya Untuk Hidup Layak Di Kota-Kota Besar Ini
Kebutuhan Hidup Layak (KHL) adalah standar kebutuhan yang harus dipenuhi oleh seorang pekerja untuk hidup dengan baik secara fisik, non fisik, dan sosial. Nilai KHL di suatu daerah pun kerap dijadikan ...



Karate, Kungfu, Silat, Semuanya Tidak Ampuh
Seorang anak muda berniat mengusir kumpulan preman yang sering mengganggu di kampungnya. Karena hanya modal berani, akhirnya ia babak belur dihajar preman2 tersebut. Lalu ia berlatih karate. Singkat k ...



 
 







Design by ztrongmind.net@2011. All rights reserved.
Powered by Jogloweb.com