[]
 
Instiution and Science Unite
Mie Ayam Kehidupan

Minggu, 31 Desember 2017 22:51 WIB

Perjuangan panjang penuh liku, keringat, dan air mata selama bertahun – tahun telah dilalui Jono. Ia kini telah sukses, memiliki beberapa bisnis, mendirikan beberapa masjid, pesantren & badan pengumpulan zakat-infaq-shodakoh. Di akhir tahun saat musim liburan, ia teringat kyai yang dulu menjadi tempatnya curhat dikala jatuh. Berniat silaturahmi, setelah menempuh perjalanan selama 2 hari, barulah ia sampai di kampung sang kyai..

 

Kebetulan kyai saat itu sedang berada di warung mie ayam miliknya, dan melakukan penghitungan keuntungan selama satu tahun ini. Saat melihat jono datang, ia langsung mendatangi, mengucap salam, mendekap dan bernostalgia. Jono cerita kisahnya panjang lebar hingga bisa sukses.. kyai dengan antusias mendengar dan terus menerus mengucap syukur atas keberhasilan jono. Hingga tibalah suatu percakapan...

 

Jono: Banyak orang melihatku sukses saat ini Kyai, dan aku merasakan juga.. namun kenapa ya, aq tetap tidak bisa sepenuhnya bahagia.. Ada aja yang bikin aku kurang puas. Aq sudah bersyukur, dzikir, doa, dan ibadah2 lain.. tapi tetap saja ditipu rekan, kadang berselisih dengan istri, anak, dikomplain pelanggan, dll

 

Kyai: Hehehe.. sebelum aku jawab, yuk makan dulu.. kamu pasti udah laper

 

Kyai lalu memesan dua mangkok mie ayam, namun disertai kode aneh kepada pelayan di warungnya.. tak lama, datanglah pesanan kyai

 

Jono: Loh, kok cuman mie aja.. wah kyai bercanda nih..

 

Kyai: Hahahaha.. (berkata pada pelayan) Mas, tolong ambil mie ini dan bikin lbih komplit (kembali memberi kode)

 

Setelah datang yang kedua kali

 

Jono: Loh, kok cuman mie saya potongan ayam?hahaha.. kyai kepingin bercanda lagii nih kayaknya

 

Kyai: hahaha.. yasudah.. (kembali memanggil pelayan) Mas tolong dibuat lebih lengkap lagi

 

Kemudian datanglah pesanan kyai..tapi kali ini mie, potongan ayam, dan kuah.. Jono protes lagi kok blum ada bumbunya.. lalu dikembalikan lagi, ditambah bumbu lagi, masih kurang sawi, ditambah lagi, dan begitu seterusnya hingga tersaji Mie ayam super komplit yang menggoda selera jiwa-raga.

 

Setelah bersantap ria, kyai melanjutkan wejangannya

 

Kyai: Jika ayam tadi ada beberapa bagian seperti ada mie, ada kuah, potongan ayam, sawi, bumbu, dll, begitupun hidup kita di dunia ini Jon

 

Jono: Maksudnya kyai?

 

Kyai: kalau hanya mie, tanpa kuah, mie& kuah tanpa sawi, mie & kuah & sawi tanpa bumbu, tentu tidak enak bukan..? namun setelah itu semua dicampur, baru terasa lezatnya

 

Kyai: engkau pasti pernah mengalami kesedihan, kemarahan, kekecewaan, kekhawatiran, kesenangan, keceriaan, dan kebahagiaan dalam hidup. Nah, itu semua adalah cara ALLAH untuk membuat hidupmu ini terasa “lezat”. Coba kamu ga pernah sedih, kecewa, marah.. tentunya setelah sukses, semua terasa hambar

 

Jono: (dengan wajah antusias penuh pencerahan) Oh iya ya kyai.. betul2.. terus?

 

Kyai: Tugasmu sebagai manusia adalah menjalaninya. Terima semua bagian dari episode kehidupanmu sebagai suatu kesatuan yang utuh.. saat kau sedih, ingat kau pernah senang. Saat kau kecewa, ingat kau pernah ceria.. dan saat kau gundah gulana & putus asa, ingat kau juga pernah bahagia..

 

Kyai: dengan demikian, kehidupan dunia ini terasa “lezatnya” karena semua bumbu dan bahan tadi engkau “masak” dengan pas.. mirip mie ayam yang barusan kita nikmati.

 

Kyai: Bahkan saat tua nanti, engkau bisa ceritakan kekecewaan, kesedihan, kegalauan & penderitaanmu hari ini pada anak cucumu dengan penuh semangat dan antusias.

 

Jono: Terimakasih banyak atas plajarannya hari ini kyai...

 

Kyai: Mau tambah mie ayam lagi?

 

Jono: Mau Kyai...

 




Related Article


Perbarui Peta Kehidupan Kita
Saya pernah nanya begini kepada beberapa orang peserta pelatihan: "Misalnya anda bangun terlambat menuju ke bandara. Secara kalkulasi jelas gak bakalan kekejar. Tapi anda teruskan itu perjalanan ke ba ...



Jalan Kehidupan
Ketika berkendara di jalanan sempit, bagaimana rasanya? Tentu lebih hati2, lebih cermat, penuh perhitungan, dan berjalan dengan kecepatan rendah sekalipun sudah terasa cepat.. berbeda dibanding ketika ...



3 Hal Penting Dalam Kehidupan
Ada seorang pengusaha. Ia berusaha keras agar bisnis yang dijalankannya berjalan lancar. Bahkan, di tengah goncangan ekonomi yang terjadi, ia selalu optimis bahwa usahanya pasti akan bisa melewati ber ...



Perbedaan Ayam Dengan Manusia Ketika Mati
Suatu hari, terjadi percakapan anak ayam dengan induknya, dimana anak ayam protes mengapa mereka tidak seperti manusia, yang berbeda - beda namanya (budi, anto, andi, dll) Anak Ayam: Bu, kok manusia i ...



P3K Dalam Kehidupan
Sebaiknya kita punya Kotak P3K (Perangkat Pribadi Pada Kehidupan)  Di dalamnya minimal ada 8 benda sebagai berikut :  Tusuk gigi:  Janganlah kita mencongkel-congkel kesalahan org, tetap ...



What are the latest products

081-329-5111-91, Pelatihan Hipnotis Hipnoterapi Solo, Belajar Hipnotis Hipnoterapi Solo, Kursus Hipnotis Hipnoterapi Solo
Jika ada Pelatihan Hipnotis & Hipnoterapi yang ...


081-329-5111-91, Pelatihan Hipnotis Hipnoterapi Jogja, Kursus Hipnotis Hipnoterapi Jogja, Belajar Hipnotis Hipnoterapi Di Jogja
Jika ada Pelatihan Hipnotis & Hipnoterapi yang ...


Pelatihan Hipnotis Jogja 28 Januari 2018 (90 persen Praktek+Garansi Bisa)
Jika ada Pelatihan Hipnotis & Hipnoterapi yang ...


Pelatihan Hipnotis-Hipnoterapi Bandung (GARANSI BISA)
Jika ada Pelatihan Hipnotis & Hipnoterapi yang ...


Pelatihan Hipnotis Bekasi 30 September 2017 (Garansi Bisa)
Ingin Tahu Rahasia Hipnotis Hiburan Seperti Ditaya ...




 
 







Design by ztrongmind.net@2011. All rights reserved.
Powered by Jogloweb.com