[]
 
Instiution and Science Unite
Nasehat Untuk Yang Lagi Milih Perguruan Tinggi

Jumat, 05 Januari 2018 20:54 WIB

Untuk anak kelas dua belas yang akan mengakhiri masa putih abu-abunya, kalian pasti dibuat bingung setengah mati dengan urusan universitas yang akan kalian masuki selanjutnya. Ya, kan? Ada dua macam ujian masuk yang bakal kalian lewatin, nih. Yaitu SNMPTN dan SBMPTN. SBMPTN diperbolehkan untuk dua tahun sebelumnya juga, loh.

Nah, untuk kalian-kalian yang masih bingung memilih jurusan atau memilih universitas, berikut 7 nasihat yang harus kalian ingat selalu, ya!

 

Pilihlah jurusan yang benar-benar kamu suka!

Terdengar klasik, memang. Kalian pasti sudah mendengar petuah semacam ini berkali-kali. Tapi, percayalah, memilih jurusan memang bukan perkara gampang. Kalian harus bersmedi dulu, benar-benar memantapkan hati.

Kalian nggak mau kan stuck selama empat tahun di tempat yang nggak membuat kalian senang? Pilihan yang nggak mantap biasanya menjadi alasan mereka untuk kembali mengulang SBMPTN. Nggak mau kan satu tahunmu terbuang sia-sia?

 

Jangan biarkan orang lain mengatur mimpimu!

Jangan memilih jurusan atau universitas karena perintah siapa pun. Nggak ada yang lebih mengerti dirimu, selain kamu sendiri. Bahkan kedua orangtuamu juga nggak tahu apa yang kamu inginkan. Biarkan mereka memberikan kamu saran, tapi kalau kamu memang nggak setuju dengan saran mereka, jangan diikuti!

Dan kalau orangtuamu nggak setuju dengan pilihanmu, berikan pengertian pada mereka bahwa kamu yang akan menjalankannya, kamu sudah dewasa dan bisa menentukan pilihanmu sendiri, tapi ngomongnya jangan sambil ngomel, ya!

 

Jangan biarkan orang lain meremehkan mimpimu!

"Ah, nilaimu jelek-jelek kamu nggak mungkin bisa masuk farmasi!" atau "Biaya kuliah kedokteran mahal, kamu nggak akan sanggup." atau "Kalau kamu mau masuk Hubungan Internasional, harus bisa banyak bahasa! Bahasa Inggrismu aja pas-pasan!"

Jangan biarkan orang-orang mematahkan mimpimu dengan kata-kata mereka. Kamu bisa menjadi apa pun yang kamu impikan, asalkan kamu mau berusaha. Sekali lagi, yang tahu kemampuanmu adalah dirimu sendiri, jadi anggap saja orang-orang yang berkomentar jelek itu sebagai ujian buatmu menjadi lebih hebat lagi!

 

Kalau kamu berusaha, yakinlah, pasti ada jalan!

Sebesar apa pun mimpimu, berusahalah untuk mencapainya. Percaya pada kemampuanmu, dan jalan lupa terus berusaha dan berdoa. Jangan takut gagal sebelum mencoba. Kegagalan yang sesungguhnya adalah ketika kamu menyerah, bahkan sebelum kamu mencoba!

 

Pindah jurusan itu nggak apa-apa!

Seringkali anak yang tadinya di SMA mengambil jurusan IPA, berniat untuk mengambil soshum ketika kuliah. Bahkan nggak jarang juga ada anak yang tadinya IPS tapi mengambil saintek saat kuliah. Dan yang perlu kamu ingat, hal itu sah-sah saja!

Bukan berarti kamu mengkhianati jurusanmu atau kamu membuat tiga tahunmu di SMA sia-sia. Saat SMA mungkin kita memang masih labil, salah jurusan itu wajar, asal jangan sampai kamu salah jurusan untuk yang kedua kalinya.

 

Walau kamu lintas jurusan, bukan berarti kamu mengambil lahan orang lain!

Sering banget pasti kamu mendengar orang-orang bilang, "Jangan lintas jurusan, itu bearti kamu mengambil jurusan orang lain!". Itu sama sekali nggak benar.

Sekali lagi, jangan biarkan orang lain berkomentar apa-apa tentang hidupmu. Di dalam ujian masuk perguruan tinggi, semuanya punya peluang yang sama, semua orang punya kesempatan untuk berusaha dengan cara mereka masing-masing.

 

Jangan lupa minta restu orangtua dan rajin-rajin beribadah!

Apa pun agamamu, pasti memerintahkan kamu untuk rajin-rajin beribadah, meminta sesuatu hanya kepada yang Maha Kuasa. Jadi, jangan tinggalkan ibadah-ibadahmu, ya!

Berdoalah, karena segala sesuatu sesungguhnya berada di tangan Tuhan. Ohya, jangan lupa minta restu kedua orangtuamu, karena restu orangtua adalah restu Tuhan juga.

Semoga berhasil!

 

Sumber: IDNtimes.com

 




Related Article


Waktu Yang Tepat Untuk Cuti
Berdasarkan Undang-undang Ketenagakerjaan No.13 tahun 2003 pasal 79 ayat (2), seorang pekerja berhak atas cuti tahunan sekurang-kurangnya 12 hari kerja. Tenang saja, dalam hari cuti tersebut, statusny ...



Teknik Efektif Nolak Temen Yang Kepingin Ngutang
Temen (T) Kamu (K) T: Bro, aku butuh duit nih.. pinjem dunk.. rabu baru ada uang, aku balikin.. K: Kamu seneng ga kalo punya temen yang menepati janji? T: Seneng donk K: Yakin? T: Yakin banget K: Aku ...



Mia Yang Dilarang Berbusana Syar'i
Saat beranjak dewasa, Mia mulai memiliki keinginan untuk tampil dengan busana syari. Apalagi bapak dan ibunya adalah ustadz ustadzah pesantren.. namun anehnya, keinginan tersebut ditentang orangtuanya ...



Amunisi Tanpa Batas Untuk Hidup Bahagia
Hari jumat pagi, Tejo keliling mencari sarapan..setelah agak lama diluar, matanya tertuju pada sebuah warung mie ayam yang cukup ramai. Namun bukan ramainya warung itu yang menarik perhatiannya, melai ...



Elang Yang Menyedihkan
Suatu hari, induk ayam menemukan telur asing. Bentuknya lebih besar dari telur kebanyakan.. Karena merasa aneh, dibawanya telur tersebut ke sarang untuk dierami bersama telur2 lainnya.. Beberapa hari ...



What are the latest products

081-329-5111-91, Pelatihan Hipnotis Hipnoterapi Solo, Belajar Hipnotis Hipnoterapi Solo, Kursus Hipnotis Hipnoterapi Solo
Jika ada Pelatihan Hipnotis & Hipnoterapi yang ...


081-329-5111-91, Pelatihan Hipnotis Hipnoterapi Jogja, Kursus Hipnotis Hipnoterapi Jogja, Belajar Hipnotis Hipnoterapi Di Jogja
Jika ada Pelatihan Hipnotis & Hipnoterapi yang ...


Pelatihan Hipnotis Jogja 28 Januari 2018 (90 persen Praktek+Garansi Bisa)
Jika ada Pelatihan Hipnotis & Hipnoterapi yang ...


Pelatihan Hipnotis-Hipnoterapi Bandung (GARANSI BISA)
Jika ada Pelatihan Hipnotis & Hipnoterapi yang ...


Pelatihan Hipnotis Bekasi 30 September 2017 (Garansi Bisa)
Ingin Tahu Rahasia Hipnotis Hiburan Seperti Ditaya ...




 
 







Design by ztrongmind.net@2011. All rights reserved.
Powered by Jogloweb.com